4 Fakta Bunga Tabebuya yang Mirip Seperti Bunga Sakura Jepang

4 Fakta Bunga Tabebuya yang Mirip Seperti Bunga Sakura Jepang, Ternyata Bukan Berasal dari Jepang

Baru-baru ini kota Surabaya telah menjadi perbincangan di kalangan warganet Tanah Air. Hal ini tak lain karena bermekarannya bunga  tabebuya yang ada sejumlah jalan protokol di Ibu Kota Jawa Timur tersebut.

Bunga yang memiliki tampilan sangat cantik dengan beraneka macam warna ini telah menghiasi jalan-jalan protokol di kota Surabaya. Di antaranya yaitu di Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng.

4 Fakta Bunga Tabebuya

Dikutip dari Kompas.com, bunga cantik yang berasal dari negara Brasil ini didatangkan langsung dari kota Malang dan Kediri serta petani Surabaya yang sudah banyak membudidayakan bibitnya.

Muhammad Fikser selaku Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya telah mengungkapkan bahwa penanaman pohon Tabebuya ini adalah inisiatif dari Wali Kota Surabaya, Tri Rimaharini.

Ide tersebut bahkan sudah lama muncul sebelum Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Keindahan dari bunga Tabebuya ini pun telah mencuri perhatian banyak kalangan yang kemudian membagikan potret keindahan Tabebuya ke media sosial.

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa keindahan bunga ini sangat mirip dengan suasana daerah di Jepang ketika bunga Sakura sedang bermekaran.

Selain di kota Surabaya, sebenarnya fenomena bermekarannya bunga tabebuya ini juga terjadi di beberapa kota besar lainnya di Indonesia seperti di kota Batu, Magelang, Kediri, Purwokerta, dan bahkan Karanganyar.

4 Fakta Bunga Tabebuya

Tribunnews.com sudah merangkum sejumlah fakta bunga tabebuya menurut penjelasan dari Pudji Widodo selaku dosen Fakultas Biologi Universites Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. 4 Fakta Bunga Tabebuya

  1. Berasal dari Negara Brasil

Pudji mengungkapkan bahwa tabebuya (Tabebuia aurea) adalah jenis tanaman hias yang termasuk ke dalam Suku Bignoniaceae dan berasal dari Negara Brasil Amerika Selatan.

Tanaman hias ini bisa menjadi sebuah pohon yang sangat besar jika dibiarkan tumbuh hingga puluhan tahun.

Pohon Tabebuya ini sering disebut sebagai pohon Sakura-nya Indonesia. Hal ini karena jika musim berbunga, bentuk bunganya sangat mirip seperti bunga sakura dan akan mekar dalam jumlah besar, lebih dominan bunga dibandingkan daun.

“Sebenarnya kedua jenis tanaman ini sangatlah berbeda”, kata Pudji.

  1. Kelebihan Bunga Tabebuya

Pohon Tabebuya ini mempuyai banyak kelebihan. Daunnya tidak gampang rontok dan ketika musim bermekaran, bunganya akan terlihat sangat indah dan lebat. Selain itu, akarnya yang cukup keras tidak akan merusak rumah atau tembok meskipun berdekatan dengan bangunan.

Maka dari itu, pohon tabebuya memang sangat cocok untuk dijadikan sebagi tanaman peneduh jalan tanpa merusak perumahan ataupun pertokoan di sepanjang jalan.

  1. Punya 74 Jenis

Genus Tabebuia meliputi 74 species yang sudah diakui kebenarannya. Beberapa diantaranya adalah T. Aurea berwarna kuning, T. Rosea berwarna pink, T. Pallida berwarna kuning atau pink, dan yang lainnya.

Bunga tabebuya memiliki bentuk seperti terompet dengan panjang sekitar 3 sampai 11 cm, sehingga dimasukkan ke dalam Bignociaceae. 4 Fakta Bunga Tabebuya

Wujud bunga tabebuya sendiri berbeda dengan bunga sakura yang mahkota bunganya berlepasan. Sedangkan bunga sakur termasuk dalam Suku Rosaceae atau mawar-mawaran dan tidak memiliki bentuk seperti terompet.

  1. Perbedaan Bunga Tabebuya dengan Sakura

Apabila dilihat dari batang, pohon tabebuya memiliki ukuran besar, sedangkan pohon sakura berukuran kecil. Untuk masalah waktu mekarnya, bunga tabebuya bisa mekar hampir sepanjang tahun berbunga dan akan mencapai puncaknya di musim kemarau. Sedangkan bunga Sakura hanya akan mekar sekali dalam satu tahun pada musim semi, yaitu sekitar bulan Maret akhir sampai April. 4 Fakta Bunga Tabebuya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *