Cara Menanam Pohon Tabebuya

Cara Menanam Pohon Tabebuya yang Bunganya Mirip Sakura dan Sedang Booming di Surabaya

Pohon Tabebuya yang memiliki beraneka macam warna yang kini sedang bermekaran di kota Surabaya telah menarik perhatian banyak orang. Bukan hanya di Surabaya saja, ternyata pohon hias ini juga menarik perhatian banyak netizen karena sudah viral di media sosial.

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa bunga-bunga dari pohon Tebabuya ini menjadikan Surabaya terasa seperti di negeri Matahari Terbit alias Jepang yang terkenal akan bunga Sakura-nya. Lantas bagaimana cara menanam pohon Tabebuya atau Sakura-nya Indonesia ini?

Cara Menanam Pohon Tabebuya

Dikutip dari faunadanflaura.com, pohon Tabebuya merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Brazil. Tanaman hias yang satu ini memiliki tampilan yang indah ditunjang dengan bunganya yang sangat cantik. Bunga tabebuya kuning memiliki bentuk seperti terompet dan bergerombol, serta mempunyai panjang kurang lebih sekitar 3 sampai 11 cm.

Pohon Tabebuya ini memiliki beraneka macam warna yang sangat mempesona yaitu kuning, pink tua, magenta, hingga medah dengan motif garis warna ungu.

Pembibitan pohon Tabebuya sendiri bisa dilakukan melalui banyak cara. Salah satunya adalah  melalui biji. Cara yang bisa Anda lakukan untuk pembibitan melalui biji ini adalah dengan memilih biji-biji tua yang sudah terjatuh dari pohonnya.

Apabila Anda sudah memilih biji-biji tersebut maka selanjutnya Anda harus membuka kulit biji tersebut. Kemudian jemur  di bawah terik sampai biji-biji tersebut mengering, lalu simpan di tempat yang kering selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Berikutnya, semaikan dalm media semai yang berupa tanah yang sudah dicampurkan denga pupuk kompos atau pupuk kandang. Perbandingan yang digunakan adalah 1 : 1. Penyemaian atau perawatan bibit tabebuya dilakukan sampai bibit tersebut mencapai ketinggian sekitar 1 meter atau lebih. Selanjutnya, bibit sudah siap untuk dipindah tanamkan.

Untuk bibit  tanaman tabebuya yang sudah memiliki ukuran sekitar 1 meter atau lebih, maka sudah bisa dipindah tanamkan ke media tanam permanen. Caranya adalah dengan membuat sebuah lubang yang memiliki kedalaman sekitar 30 sampai 50 cm, kemudian tanamlah bibit tabebuya tersebut dengan arah tegak lurus ke atas.  Lalu timbun kembali bibit tabebeya tersebut dan padatkan supaya bibit dapat berdiri kokoh, kuat, dan tidak mudah roboh.

Cara Menanam Pohon Tabebuya

Setelah itu, sirami secara intensif pada masa awal tanam bibit tabebuya, atau setidaknya sampai tanaman tabebuya tersebut sudah mencapai ukuran kurang lebih sekitar 10 meter atau lebih.

Setelah pohon tabebuya sudah mencapai ketinggian sekitar 10 meter atau lebih, maka penyiraman tanaman sudah bisa Anda hentikan. Akan tetapi, untuk pemupukan harus selalu dilakukan. Ini karena pemupukan bertujuan supaya bunga Tabebuya nantinya bisa tumbuh sangat lebat dan cantik.

Sebenarnya meskipun pemupukan tanaman tabebuya ini tidak lakukan, pohon tabebuya nantinya akan tetap berbunga. Namun jika pemiliknya ingin supaya bunga pohon tabebuya nantinya bisa tumbuh maksimal dan berbunga sangat lebat, maka pemupukan sebaiknya di lakukan 3 bulan sekali. Dengan melakukan pemupukan secara rutin atau teratur maka sudah dapat dipastikan bahwa pohon Tabebuya nantinya akan tumbuh secara maksimal dan indah tentunya. Cara Menanam Pohon Tabebuya

Nah, apakah Anda tertarik untuk menanam pohon Tabebuya ini di halaman depan rumah Anda? Penanaman pohon Tabebuya di halaman rumah Anda tentunya akan membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih indah dan membuat orang betah untuk berlama-lama memandangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *