Menanam Dan Budidaya Pohon Tabebuya

Menanam Dan Budidaya Pohon Tabebuya

Mungkin Anda pernah melihat pohon di sebuah taman atau tepi jalan yang memiliki bunga berwarna kuning dan terlihat sangat cantik jika bermekaran? Pohonnya besar khas pohon berkayu. Daunnya sangat jarang dan bahkan bisa terlihat hampir seluruh pucuk ditumbuhi dengan bunga yang berwarna kuning cerah.

Menanam Dan Budidaya Pohon Tabebuya

Nah, jika Anda pernah melihat pohon seperti demikian maka pohon tersebut namanya adalah pohon Tabebuya. Tabebuya memang terlihat sangat cantik dan indah jika ditanam di areal publik terutama pada taman. Pemandangan yang sangat indah tersebut pastinya dapat menyegarkan mata.

Keunggulan lain dari pohon Tabebuya adalah mampu menyerap sejumlah udara yang berkeliaran di lingkungan sekitar dan akan mengeluarkan kuntum bunga yang sangat cantik agara memungkinkan para penghuni taman atau siapa saja yang bersanding dengan pohon hias ini akan lebih menghargai alam.

Pohon tabebuya merupakan salah salah satu jenis pohon hias yang sangat populer dan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah baik itu di daerah subtropis ataupun tropis. Beberapa keunggulan dan bentuk bunganya yang sangat cantik membuat tanaman hias mirip sakuan ini banyak diminati dan bahkan sudah mulai banyak dibudidayakan. Nah, jika Anda ingin untuk menanam tanaman hias yang satu ini maka kami akan berikan cara menanam tabebuya yang baik dan benar. Silahkan simak panduan berikut ini.

Cara Menanam Pohon Tabebuya

Menanam Dan Budidaya Pohon Tabebuya

Pembibitan

Pembibitan pohon tabebuya dapat dilakukan melalui banyak cara, salah satunya adalah melalui biji. Cara pembibitan melalui biji adalah dengan memilih biji yang sudah terjatuh dari pohonnya karena ini menandakan bahwa biji tersebut benar-benar sudah tua. Kemudian buka kulitnya dan keringkan dibawah terik sinara matahari hingga kering. Lalu simpan pada tempat kering kurang lebih selama satu bulan. Setelah itu, semaikan dalam media semai dari tanah yang sudah dicampur dengan kompos atau pupuk kandang, perbandingan yang digunakan adalah (1:1). Semai dan rawat sampai ukurannya mencapai 1 m atau lebih. Selanjutnya baru bisa dipindah tanamkan.

Penanaman

Persiapkan media tanaman  permanen yang sama seperti media semai yang sudah dibuat sebelumnya. Buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 30 sampai 50 cm pada media tanam, kemudian tanam bibit tabebuya tersebut dengan arah tegak lurus ke atas. Lau timbun kembali dengan media tanam galian dan padatkan supaya bibit dapat berdiri dengan kuat dan tidak roboh. Lalukan penyiraman secara intensif saat masa awal tanam bibit.

Perawatan

Siram secara berkala pada saat dibutuhkan, bahkan jika sudah tumbuh tinggi mencapai 10 m lebih maka sudah tidak perlu dilakukan penyiraman. Lakukan juga pemupukan supaya nantinya bisa menghasilkan bunga yang tumbuh lebat dan sangat indah. Meskipun tanpa dilakukan pempupukan tanaman tabebuya masih bisa berbunga, akan tetapi jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka lakukan pemupukan secara rutin yaitu setiap 3 bulan sekali.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menanam dan budidaya pohon tabebuya pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat menambah wawasan pembaca dan memberikan manfaat untuk Anda semua terutama bagi Anda yang kini sedang ingin menanam ataupun membudidayakan tanaman tabebuya. Perlu Anda ketahui bahwa pohon hias yang satu ini mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi karena banyaknya  permintaan atas tanaman ini. Sekian, terima kasih sudah mengunjungi website kami. Menanam Dan Budidaya Pohon Tabebuya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *